Kamis, 10 Mei 2018

Visual Basic NET 2008 Beserta Contoh


Tujuan
Memberikan pemahaman tentang IDE Visual Basic 2008 dan pemahaman tentang Control, properties, method dan event.

Menjalankan Visual Basic

Start  ð  Program  ð  Microsoft Visual Studio 2008 ð Microsoft Visual Studio 2008



 
 




 






 

Membuat Project
Menu File  ð New Project  atau  Klik Create: Project (Dari tampilan Start Page)
Pada Project Types: pilih Windows
Pada Templates:  pilih Windows Forms Application
Pada Name:  ketik nama Project
Klik OK




 
 
















Integrated Development Environment (IDE) Visual Basic 2008

Lingkungan Visual Basic 2008 terdiri dari:
·      Menubar
·      Toolbar
·      Toolbox
·      Solution Explorer
·      Properties Window
·      Form

ToolBox (Kotak Perlengkapan) yaitu kotak yang berisi objek-objek pemrograman yang digunakan untuk menggambar atau mendesain program.
Bila Toolbox tidak muncul,  klik menu View  ð Toolbox.

Solution Explorer yaitu kotak yang berisi project, form, modul program yang sedang dibuat. Solution Explorer berfungsi untuk mengeksplor form dan modul yang ada didalamnya.
Bila Solution Explorer tidak muncul, klik menu View  ð Project Explorer.

Properties Window yaitu jendela yang berisi karakteristis atau ciri-ciri dari suatu objek pemrograman.
Bila Jendela Properties tidak muncul, klik menu View  ð Properties Window.

Form yaitu Lembaran Kerja pemrograman atau tempat meletakkan dan mengatur objek pemrograman.



 
 

1. Menubar
2. Tollbar
3. Tollbox
4. Solution Explorer
5. Properties Window
6. Form


Control dan Properties
Control adalah sebuah objek yang dapat diletakkan dan diatur serta menjadi bagian dari sebuah form sehingga user dapat berinteraksi dengan aplikasi yang dibuat. Control atau objek pemrograman terdapat pada toolbox, contohnya textbox, label, button dan lain-lain.
Control adalah sebuah objek yang memiliki identitas dan ciri khas yang membedakan satu control dengan control yang lain walaupun dengan basic class yang sama. Contohnya dua objek button, masing-masing memiliki ciri khas atau karakteristik  seperti: ukuran, text, warna yang berbeda satu dengan lainnya.
Ciri khas tersebut pada visual basic dikenal dengan properties. Properties dapat diatur dengan dua cara yaitu: (1) melalui properties window, (2) melalui code editor.

Control atau objek yang sering digunakan pada pemrograman beserta propertiesnya
No.
Control/Objek
Fungsi
Properties
Fungsi
1
 Label
Membuat keterangan
Text
Untuk mengedit text/tulisan
2
TextBox
Menginput/memasukkan Nilai
Text
Untuk mengedit text/tulisan dan menginput nilai
3
Button
Menjalankan proses
Text
Untuk mengedit text/tulisan
4
CheckBox
Memilih satu atau beberapa pilihan dengan cara memberi Check atau contreng
Text
Untuk mengedit text/tulisan
Checked
Untuk menandai atau tidak
Ada 2 nilai:
True (1) = menandai dan
False (0) = tidak menandai
5
RadioButton
Memilih satu pilihan dari beberapa pilihan.
Text
Untuk mengedit text/tulisan
Checked
Untuk menandai atau tidak
Ada 2 nilai:
True (1) = menandai dan
False (0) = tidak menandai
6
ComboBox
Membuat Pilihan dengan cara dropdown
Items
Untuk membuat list/daftar
7
PictureBox
Membuat Gambar

Image
Untuk memasukkan Gambar
SizeMode
Untuk Mengatur Ukuran Gambar
8
GroupBox
Membuat Group Objek
Text
Untuk mengedit text/tulisan
Properties yang sama pada setiap objek adalah Name yang berfungsi untuk memberi nama Objek.


Code Editor
Code Editor adalah sebuah jendela yang berfungsi untuk menulis kode program.
Untuk menampilkan Code Editor, klik menu View  ð  Code
Cara yang biasa digunakan programmer adalah dengan mengklik 2x objek yang terdapat pada Form.

 


1. Object Pemrograman atau Class Name
2. Method Name
3. Lembar pengetikan program



Method (Event)
Method merupakan kejadian atau aksi yang dapat dilakukan oleh sebuah control.
Contoh: Load, Click, DoubleClick.

Kode program diketik pada objek program (diantara Private Sub dan End Sub) yang berada dalam lingkungan Class (diawali dengan Public Class dan diakhiri dengan End Class).


Bentuk Umum Penulisan Kode Program
  NamaObjek.Properties = Argument
 
 

Contoh:
TextBox1.Text = “Visual Basic”
_______________________________________________________________





Contoh Program:


1. Desain awal program



 
 



















2. Atur Properties Masing-masing Objek sebagai berikut:
NO.
OBJEK
PROPERTIES
PENGATURAN
1
Form1
Text
Project Modul-2
2
Label1
Text
CONTOH PENGGUNAAN OBJEK PROGRAM


ForeColor
Red


Font Size
9


Bold
True
3
CheckBox1
Text
OOP


Name
Chkoop
4
CheckBox2
Text
VB


Name
Chkvb
5
RadioButton1
Text
Benar


Name
Rdobenar
6
RadioButton2
Text
Salah


Name
Rdosalah
7
TextBox1
Name
Txtoop
8
TextBox2
Name
Txtvb
9
TextBox3
Name
Txtbs
10
Button1
Text
Bersih


Name
Btnbersih
11
Button2
Text
Tutup


Name
Btntutup


     Tampilan program setelah pengaturan properties sebagai berikut:



 



















3. Pemberian Perintah/Instruksi pada Program
     Alur Program:
a.    Jika diklik CheckBox1 (OOP), maka pada objek TextBox1 (Txtoop) akan tampil teks:
Object Oriented Programming
b.    Jika diklik CheckBox2 (VB), maka pada objek TextBox2 (Txtvb) akan tampil teks:
Visual Basic
c.    Jika diklik RadioButton1 (Benar), maka pada objek TextBox3 (Txtbs) akan tampil teks:
Anda memilih Benar
d.    Jika diklik RadioButton2 (Salah), maka pada objek TextBox3 (Txtbs) akan tampil teks:
Anda memilih Salah
e.    Jika diklik tombol Button1 (Bersih), maka:
-  tanda checklist pada OOP akan hilang.
-  tanda checklist pada VB akan hilang.
-  teks pada objek Txtoop, Txtvb dan Txtbs akan dihapus (kosong).
f.     Jika diklik tombol Button2 (Tutup), maka program akan ditutup (keluar dari program)

Perintah Program:
a.    Perintah pada Objek CheckBox1
Private Sub chkoop_CheckedChanged(ByVal sender As System.Object,…
txtoop.Text = "Object Oriented Programming"
End Sub

b.    Perintah pada objek CheckBox2
Private Sub chkvb_CheckedChanged(ByVal sender As System.Object,…
txtvb.Text = "Visual Basic"
End Sub

c.    Perintah pada objek RadioButton1
  Private Sub rdobenar_CheckedChanged(ByVal sender As System.Object,…
txtbs.Text = "Anda Memilih Benar"
  End Sub

d.    Perintah pada objek RadioButton2
  Private Sub RdoSalah_CheckedChanged(ByVal sender As System.Object,…
txtbs.Text = "Anda Memilih Salah"
  End Sub

e.    Perintah pada objek Button1
  Private Sub btnbersih_Click(ByVal sender As System.Object, …
chkoop.Checked = 0
chkvb.Checked = False
txtoop.Text = ""
txtvb.Clear()
txtbs.Text = ""
  End Sub
f.     Perintah pada objek Button2
  Private Sub btntutup_Click(ByVal sender As System.Object, …
End
  End Sub


Tampilan program setelah dijalankan sebagai berikut:



      




 








Untuk menjalankan program, klik tombol Start Debugging atau tekan tombol F5 pada keyboard.


Untuk menutup program, klik tombol Stop Debugging 


_______________________________________________________________ 

Latihan 1:
Tambah Perintah/Instruksi Program sebagai berikut:
a.  Jika diklik CheckBox1 (OOP), maka:
-  objek TextBox1 (Txtoop) akan menampilkan teks: “Object Oriented Programming
-  warna teks biru.
b.  Jika diklik CheckBox2 (VB), maka:
-  objek TextBox2 (Txtvb) akan menampilkan teks: Visual Basic
-  warna background textbox kuning.
c.   Jika diklik tombol Button1 (Bersih), maka:
-  tanda checklist pada OOP akan hilang.
-  tanda checklist pada VB akan hilang.
-  teks pada objek Txtoop, Txtvb dan Txtbs akan dihapus (kosong).
-  warna background Textbox2 (Txtvb) kembali menjadi putih.

LATIHAN-NYA KITA JAWAB DI BLOG BERIKUTNYA YA...!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar